Pelatihan Penerapan Aplikasi SIKDA Generik

Pelatihan Aplikasi SIKDA Generik Pelatihan Aplikasi SIKDA Generik

Muara Bulian, 29 Agustus 2019

Salah satu aspek penting dalam pembangunan masyarakat bidang kesehatan adalah sistem informasi kesehatan (SIK) yang baik. SIK diperlukan untuk menjalankan upaya kesehatan dan memonitoring agar upaya tersebut efektif dan efisien. Oleh karena itu, data informasi yang akurat, pendataan cermat dan keputusan tepat kini menjadi suatu kebutuhan.

Kementerian Kesehatan, melalui Pusat Data dan Informasi saat ini telah mengembangkan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) elektronik yang berisi data set yang diharapkan menjadi sebuah standar pencatatan dan pelaporan setiap puskesmas di seluruh Kota/Kabupaten.

Dan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan mengikuti Perkembangan Zaman serta untuk meningkatan kemampuan pengelola SIK di Dinas Kesehatan dan petugas SP2TP Puskesmas. Subbag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Hari menyelenggarakan pelatihan teknis SIKDA Generik 1.4 bridging p-care, yang diikuti 7 puskesmas dalam wilayah Kabupaten Batang Hari.

Dan dalam kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari Pusat Data Informasi Kementerian Kesehatan RI, dengan paparan yang disampaikan terkait pentingnya integrasi sistem aplikasi bpjs yaitu p-care dan sistem aplikasi sikda generik dimana kedua sistem ini dapat saling bertukar data dan tidak double entri. Kegiatan Pelatihan teknis sistem informasi puskesmas dengan aplikasi SIKDA generik diharapkan dapat menambah dan meningkatkan pengetahuan serta dapat mengimplementasikan aplikasi sikda generik versi 1.4 yang sudah bridging dengan p-care ini untuk mendukung proses manajemen puskesmas, sehingga puskesmas dan dinas kesehatan kabupaten Kabupaten Batang Hari memiliki data yang akurat dalam pelaksanaan program kegiatan pembangunan kesehatan dan data yang didapat dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan kesehatan di tingkat Kabupaten/Kota.

SIKDA Merupakan aplikasi elektronik yang dirancang untuk mampu menjembatani komunikasi data antar komponen dalam sistem kesehatan nasional yang meliputi puskesmas, rumah sakit, dinas kesehatan kabupaten/kota, dinas kesehatan provinsi, dan Kementerian Kesehatan. Untuk mengimplememtasikan Aplikasi SIKDA ini, diperlukan Sarana dan Prasarana yang cukup. Dinas Kesehatan akan melengkapi sarana dan prasarana, kendala yang paling besar saat ini adalah Koneksi Internet, belum semua Puskesmas sudah tersedia jaringan Internet. Pada kesempatan ini pemateri dari dinas kesehatan provinsi, dan memaparkan materi Sinergi Sistem Infomasi Keshatan. kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 30 s/d 31 Agustus 2019, bertempat di Aula Dinas kesehatan Kabupaten Batang Hari......