Imunisasi dan Pemantau Status Gizi SAD di Desa Sungai Terap

Imunisasi dan Pemantauan Status Gizi Imunisasi dan Pemantauan Status Gizi

Muara Bulian, 08 Agustus 2019

Puskesmas Durian Luncuk telah melakukan kegiatan Pemantaun status Gizi dan Imunisasi terhadap Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Sungai Terap Kecamatan Batin XXIV, Kepala Puskesmas Durian Luncuk mengatakan: “Imunisasi bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu penyakit, dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu.”Ujar Syafrianto

Agar antibodi tersebut terbentuk, seseorang harus diberikan vaksin sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jadwal imunisasi tergantung jenis penyakit yang hendak dicegah. Sejumlah vaksin cukup diberikan satu kali, tetapi ada juga yang harus diberikan beberapa kali, dan diulang pada usia tertentu. Vaksin dapat diberikan dengan cara disuntik atau tetes mulut. Untuk itu Puskesmas Durian Luncuk melakukan kegiatan Imunisasi terhadap Suku Anak Dalam (SAD).

Selain itu Puskesmas Durian Luncuk juga melakukan Pemantau Status Gizi terhadap anak-anak Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Sungai Terap Kecamatan Batin XXIV yang dilakukan oleh Tim Puskesmas Durian Luncuk dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Durian Luncuk Syafrianto.

Pemantauan Status Gizi ini memberikan informasi tentang status gizi secara berkesinambungan, yang diharapkan dapat dipergunakan dalam penentuan arah kebijakan perbaikan gizi masyarakat agar lebih efektif, efisien dan tepat sasaran. Sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Pelaksanaan PSG bertujuan untuk mengawal upaya perbaikan gizi masyarakat agar lebih efektif dan efisien, melalui monitoring perubahan status gizi maupun kinerja program dari waktu ke waktu, sehingga kita dapat dengan tepat menetapkan upaya tindakan, perubahan formulasi kebijakan dan perencanaan program.